Nouns dalam Bahasa Inggris: Jenis dan Fungsinya

Nouns adalah kata benda. Kata yang memberi nama sesuatu seperti orang, tempat atau benda Dalam kalimat, nouns bisa memiliki berbagai fungsi: sebagai subject, sebagai direct object, sebagai indirect object, subject complement, object complement, adjective dan apositive.

Pertanyaan umum seputar noun

Nouns adalah?

Nouns adalah kata benda. Kata yang memberi nama sesuatu seperti orang, tempat atau benda. Benda di sini bukan berarti hanya benda mati namun juga termasuk benda hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

Konsep abstrak seperti beauty, knowledge dan education juga masuk dalam kategori noun dalam Bahasa Inggris.

Noun yang merujuk pada nama orang atau benda di sebut proper nouns sedangkan selain daripada itu disebut common nouns. Baca perbedaan proper nouns dan common nouns untuk pemahaman lanjut.

Apa fungsi nouns dalam Bahasa Inggris?

Dalam kalimat, nouns bisa memiliki berbagai fungsi: bisa berfungsi sebagai subject, sebagai direct object, sebagai indirect object, subject complement, object complement, adjective dan apositive.

Nouns yang berfungsi sebagai subject berada di awal kalimat seperti:

A cat plays in the yard
[Kucing bermain di taman]

A cat adalah noun yang berfungsi sebagai subject dalam kalimat di atas.

Nouns yang berfungsi sebagai object berada setelah verb [predikat atau kata kerja] dalam kalimat seperti contoh berikut:

Rudi drives Porsche to school.
[Rudi mengendarai Porsche ke sekolah ]

Porsche adalah nouns yang berfungsi sebagai object dalam kalimat di atas. dengan kata lain object dari kata kerja drives. Baca perubahan dan penggunaan verb dalam kalimat untuk mempelajari tentang verb.

Nouns yang berfungsi sebagai object of preposition, sebaimana namanya, tentunya hadir setelah object of preposition. Perhatikan contoh kutipan Neil Amstrong berikut:

This is one small step for a man, one giant leap for mankind.
[Ini adalah satu langkah kecil bagi seorang pria, satu lompatan besar bagi umat manusia.]

For adalah preposition sedangkan a man berfungsi sebagai object dari preposition for. Pada bagian kedua, mankind adalah object preposition selanjutnya.

Singular noun adalah?

Singular nouns adalah noun tunggal dan merujuk kepada satu orang atau satu benda. Singlar dalam Bahasa Inggris berarti jamak. Umumnya noun tunggal diawalai dengan artikel a/an dan bisa juga di awali dengan artikel the. Perhatikan contoh singular noun:

Faisal bought a car yesterday.
[Faisal beli sebuah mobil kemarin]

The house is beautiful
[Rumah itu indah]

A car dalah singular noun, noun tunggal. Lawan dari singular noun adalah plural nouns.

Plural nouns adalah?

Plural nouns adalah noun jamak. Plural dalam bahasa Inggris berarti jamak. Artinya benda yang jumlahnya lebih dari satu. Untuk merubah nouns menjadi jamak, kita perlu menambahkan akhiran s/es pada akhir kata noun. Lihat contoh noun plural berikut:

Three boys and two girls were playing football in the playground.
[Tiga anak laki-laki dan dua perempuan sedang bermain sepak bola di taman bermain.]

Boys adalah bentuk pluar dari boy. Akhian -s pada kata boys adalah cara tata bahasa Inggris menujukkan bahwa nouns tersebut adalah jamak. Begitupula halnya dengan girls.

Apa itu irregular plural nouns?

Irregular plural nouns adalah nouns yang perubahan dari bentuk singular ke bentuk jamaknya bukan dengan menambahkan akhiran -s/-es pada akhir kata nouns. Namun dia memiliki perubahan sendiri yang irregular [tidak punya aturan]. Lihat contoh irregular pular nouns berikut:

child >> children
mouse >> mice

Children adalah bentuk jamak dari noun child sedangkan mice adalah bentuk jamak dari noun mouse.

Bandingkan dengan kata boys dan girls di atas yang hanya memambahkan akhir -s untuk menjadikannya plural [jamak]

Macam-macam Noun

Sebagian besar kosa kata Bahasa Inggris adalah noun. Noun adalah kata yang paling sering kita temukan dalam sebuah kalimat dan ia memliki berbagai macam bentuk. Nouns bisa menamai manusia:

Rizky Miranda

the governor

my sister

a boy

Nouns bisa menamai tempat:

The Mecca

Mount Everst

my classroom

Nouns bisa juga menamai benda. meskipun kadang-kadang benda itu tidak berwujud seperti konsep abstrak, aktifitas dan proses. Beberapa noun perkadang berbentuk hal-hal yang bersifat hipotesa atau imajiner.

slipper

miror

happiness

Volleyball

Harry Potter

Noun juga bisa berasal dari VerbING yang sering disebut dengan gerund. Baca penjelasan gerund yang berfungsi sebagai kata benda.

Proper Noun atau Common Noun?

Satu hal yang perlu diketahui dalam mempelajari noun yaitu apakah sebuah noun itu adalah proper noun atau commoun noun. Proper noun adalah nama lazim untuk orang, tempat dan benda dan selalu dimulai dengan huruf besar.

Does Fahmi have a lot of work to do this afternoon?

Fahmi adalah nama lazim untuk seseorang.

I would like to go Opera House once I am in Sydney

Opera House adalah nama tempat lazim untuk ikon wisata di Australia sedangkan Sydney adalah nama kota di Australia.

Lawan dari proper noun adalah common noun atau juga dikenal dengan istilah generic noun. Common noun adalah nama umum untk sebuah item benda dalam suatu kelompok dan tidak diawali dengan huruf besar kecuali hadir di awal kalimat atau judul.

The boy play in the field.

Boy adalah common noun; kita tidak tahu siapa anak laki-laki (the boy) dalam kelimat di atas. Kita hanya tahu kegiatan yang dilakukan oleh anak laki-laki tersebut. Field juga common noun dalam kalimat ini. Plejari lebih dalam mengenai apa itu Proper Nouns.

nouns object and things
noiu

Macam-macam Common Nouns

Commoun noun atau generic noun dapat dibagi menjadi tiga macam: concrete nouns, abstract nouns dan collective nouns. Concrete noun adalah noun yang dapat dirasa oleh panca indra manusia. Sesuatu yang nyata dan memiliki bentuk fisik.

I knock on the door.

My skateboard is rusty.

Door dan skateboard dalah benda nyata yang dapat dirasa oleh panca indra manusia.

Sebaliknya, abstract noun adalah benda yang tidak dapat dirasa oleh panca indra manusia.

Education is important.

Education adalah abstract noun. Education tidak dapat dilihat, didengar, atau dirasa dengan panca indra manapun tapi kita tahu konsep ini ada.

Collective noun melambangkan kelompok atau sekelompk orang atau benda.

A pile of books is on the table.

A pile of books adalah collective noun. Collective nouns mengambil kata kerja singular. Ia seolah olah dianggap sebagai satu entitas. Oleh karena itu mengambil kata kerja singular sperti “is”. Pelajari lebih lanjut tentang apa itu Collective Nouns.

A bunch of flowers is on the vase.

Buch of flowers adalah collective noun.

Noun sebagai Subject.

Setiap kalimat memilik subject dan subject dalam sebuah kalimat selalu berbentuk noun. Subject dalam kalimat adalah orang, tempat atau benda yang mengerjakan sesuau dalam kalimat.

Rahmah is happy

Rahmah adalah subject dalam kalimat verb untuk subject Rahmah adalah to be “is”

Noun sebagai Subject

Noun juga bisa menjadi object dalam sebuah kalimat. Object dapat berupa direct object (noun yang menerima pekerjaan langsung dari subject) atau indirect obect (noun yang menerima direct object).

Give the phone to him.

Phone adalah direct object (yang diberi) dan him adalah idirect object (kepada siapa telfon diberikan).

Nouns sebagai Subject dan Object Complement

Tipe noun lainnya adalah subject complement. Dalam contoh berikut ini, kata benda dentist adalah subject complement.

Rahayu is a dentist.

Subject complements biasanya datang setelah linking verbs seperti to be, looks atau seems. Dentist adalah pekerjaan si Rahayu.

Penggunaan noun yang berkaitan dengan subject complement adalh obect complement.

I now pronounce you husband and wife.

Husband and wife adalah object complement dalam kalimat ini. Verb yang memilik nilai membuat, menamai, atau menciptakan sering diikuti oleh object complements.

Appositive Nouns dan Nouns sebagai Modifiers

Appositive nouns adalah noun yang langsung mengikuti noun lainnya dengan tujuan untuk memberi definisi, atau memberi informasi tambahan mengenai benda tersebut.

My sister, Raisa, is 25 years old.

Raisa adalah appositive yang memberi informasi tambahan yang spesifik tentang subject my sister dalam kalimat.

Kadang nouns juga dapat digunakan sebagai adjective.

He has a flower garden.

Flower lazimnya adalah noun namun dalam posisi ini ia sedang me-modify “membei informasi tambahan” atau menjelaskan kata garden.

Plural Nouns

Plural nouns, tidak seperti collective nouns, membutuhkan kata kerja plural. Kebanyakan plural nouns dalam Bahasa Inggris deibentuk dengan menambahkan -s atau -es pada singular noun, meskipun tetap ada beberapa pengecualian.

student-students

These two students are best friends

Perhatikan kata kerja pluar “are”.

watch-watches

box-boxes

Countuble Noun atau Uncountable Nouns

Countable noun adalah kata kerja yang dapat dihitung., meskipun jumlahnya bisa sangat banyak seperti menghitung jumlah penduduk. Countable noun dapat digunakan dengnan a/an, the, same, any, a few, several, numerous dan many

Here are a cow.

Cow adalah singular noun dan tentunya dapat dihitung (countable nouns)

Here are a few cows.

Here are some cows.

Uncountable nouns adalah nouns yang bentuk dan jumlahnya mustahil untuk dihintung. Cairan adalah uncountable noun begitupula benda yang bersifat seperti zat cair dan tak mungkin dihitung seperti (air dan sand). Uncountable noun selalu dianggap singular dan dapat digunakan dengan some, any, a little dan much.

A TOEFL test measure language aptitude.

Aptitude adalah uncountable noun.

Students like to consult google for their homework.

Contoh di atas merujuk kepada homewrk yang tidak dapat dihitung dan tidak bisa ditentukan jumlahnya. Oleh karena itu homework adalah uncountable noun.

Possessive Nouns

Possessive nouns adalah nouns yang menunjukkan kepunyaan. Noun yang memiiki sesuatu. Biasanya possessive noun dikenal dengan tanda aposthrophe (‘). Kebanyakan nouns menunjukkan kepunyaan dengan penggunaan apostrophe dan s.

The children’s toy is broken.

Kata benda children mempunyai toy dan kita menunjukkan kepunyaan ini dengan menggunakan -‘s pada akhir kata children.

Ketika singular noun berakhiran s atau z -s’ juga digunakan. Sebenarnya ini hanya masalah style, beberapa style menyarankan menghapus satu s.

I have been driving my boss’s car for 5 years.

Mr. Aziz’s heat is left on her table in the office.

Plural noun yang berakhiran dengan s hanya menambahkan apostrophe untuk membentuk possessive.

Students’ homework has been left unmarked.

Leave a Comment