5 Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Efektif

Dengan lebih dari seperempat penduduk dunia berbahasa Inggris, kamu enggak perlu mencari terlalu jauh untuk menemukan banyak materi belajar dan berlatih Bahasa Inggris jika kamu ingin belajar. Dengan jumlah kata lebih dari 750.000 kata dan cara baca yang tidak sesuia dengan ejaannya pasti akan sengat membingungkan bagi pelajar Bahasa Inggris. Bahakan pengucapannya dapat membingungkan bulek yang notabene bahasa pertamanya adalah bahasa Inggris. Dengan alasan tersebut, bahasa inggris pasti bisa menjadi salah satu bahasa yang menantang untuk dikuasai — terutama jika kamu berharap bisa melakukannya dengan cepat.

Dengan perkembagan teknologi dan ketersediaan media pembelajaran bahasa yang aksesibel seperti internet, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mulai belajar bahasa Inggris selain dari sekarang. Tidak lama lagi, kita akan melihat bahasa Inggris terkait dengan banyak bahasa lain — termasuk bahasa Jerman dan Romawi — sehingga lebih mudah dipahami.

Meskipun belajar bahasa itu harus menyesuaiakan dengan waktu dan kemampuan kita, tip dan sumber daya yang akan saya sebutkan berikut ini dapat membantu kamu belajar bahasa Inggris dengan cepat dan efektif.

Gunakan teknologi pembelajaran bahasa

Program perangkat lunak pembelajaran bahasa seperti Rosetta Stone telah membantu orang belajar bahasa Inggris selama bertahun-tahun. Banyak juga teknologi lain bermunculan yang dirancang untuk membantu pengguna meningkatkan pengetahuan atau mempertahankan kecakapan bahasa Inggris mereka. Ada banyak jenis teknologi yang dapat kamu pilih sesuai dengan cara belajar kamu. Misalnya, Fluenz adalah perangkat lunak populer yang mengajar melalui video yang dipimpin instruktur, sedangkan Duolingo adalah aplikasi yang dapat kamu gunakan di ponsel smatphone kamu untuk latihan sehari-hari saat bepergian.

Mendaftarlah dalam kursus online

Mengambil kursus online adalah cara yang bagus untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Inggris. Memiliki pengetahuan dasar bahasa Inggris akan menjadi pondasi bagi pemahaman dan praktikmu. Selain itu, kamu juga dapat memilih kursus berdasarkan tujuan dan tingkat keahlian kamu saat ini. Jika kamu ingin belajar percakapan bahasa Inggris untuk perjalanan yang akan dating ke luar negeri, kamu dapat menemukan kursus yang disesuaikan dengan tujuan khusus ini. Ada juga kursus dalam bahasa Inggris untuk bisnis internasional, untuk menulis, untuk membaca, dan banyak lagi lainnya. Tergantung pada tujuan akhir kamu, mendaftar di kursus yang sesuai dengan tujuan kamu dapat mengarahkan kamu ke jalan menuju kesuksesan.

Temukan rekan berlatih speaking

Berlati berbicara sebanyak mungkin penting untuk belajar lebih cepat. Jika kamu hanya belajar materi tertulis tanpa pernah berlatih berbicara, kamu akan terkejut saat bertemu langsung dengan native speaker bahasa Inggris. Tanpa berbicara dalam bahasa Inggris, kamu tidak akan dapat mengidentifikasi titik lemah kamu dalam berkomunikasi bahasa Inggris. Menemukan mitra percakapan, atau bahkan rekan belajar, yang dapat meningkatkan pembelajaran kamu dengan latihan tatap muka yang nyata, langsung, akan memungkinkan kamu untuk menguji keterampilan kamu yang masih baru. Banyak orang mengatakan berbicara bahasa Inggris secara teratur dan terus menerus membantu pengetahuanmu melekat di kepala, jauh lebih baik daripada membaca atau menulis. Lagi pula, apa gunanya belajar bahasa baru jika tidak digunakan untuk berkomunikasi?

Subscribe ke podcasts berbahasa Inggris

Latihan listening bahasa inggris dapat membantu memperkuat pemahaman kamu. Meskipun mungkin perlu beberapa bulan belajar sebelum kamu akhirnya dapat memahami podcast oleh native speaker bahasa Inggris, ada banyak podcast yang tersedia hanya untuk pelajar pemula. Beberapa contoh termasuk All Ears English, Better at English, The English We Speak, Luke’s English Podcast, dan ESL Podcast.

Kamu juga dapat menggunakan podcast oleh pembicara yang bahasa utamanya adalah bahasa Inggris hanya untuk latihan. Dengarkan saja terlebih dahulu tanpa perlu dapat dan paham, lalu putar episode untuk kedua kalinya dan perhatikan kata-kata baru apa yang kamu kenali. Kamu juga dapat membaca transkrip setiap episode sambil mendengarkan jika ada, dan mengulang kalimat atau kata dengan suara nyaring. Kegiatan ini dapat membantu kamu mempelajari kosakata dan tata bahasa baru dengan lebih cepat, dan kamu dapat menyetelnya untuk diputar dengan kecepatan yang lebih lambat sesuai kebutuahan.

Jiwai bahasa Inggris

Tidak dapat disangkal bahwa tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa Inggris selain menghabiskan waktu atau tinggal di negara berbahasa Inggris. Jika bepergian ke negara seperti Australia, Inggris, Kanada, atau Amerika Serikat tidak memungkinkan bagimu saat ini, kamu masih dapat meresapi Bahasa Inggris dengan menyerap semua yang kamu bisa dalam bahasa Inggris.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengikuti metode “dua cara setiap hari”. Bagaimana kamu bisa berlatih bahasa Inggris dengan dua cara berbeda setiap hari? Temukan acara TV, lagu, buku, film, video, buku audio, podcast, resep, aplikasi, apa pun yang berbahasa Inggris bisa digunakan. Variasikan cara kamu berlatih bahasa Inggris untuk benar-benar meresapi diri dalam bahasa tersebut tanpa bepergian ke luar negeri. Ketika kamu akhirnya mengunjungi negara berbahasa Inggris, kamu akan kagum dengan banyaknya latar belakang pengetahuan yang kamu miliki tidak hanya tentang bahasanya, tetapi juga budayanya!

infografi 5 cara belajar bahasa inggris efektif

Leave a Comment