Khamzat Chimaev; The Next Khabib dari Checnya dan Swedia

Khamzat Chimaev (9-0-0) adalah petarung MMA-UFC beragama Islam kelahiran Chechnya dan Berkebangsaaan Swedia. Dia disebut-sebut sebagai ‘The Next Khabib’ tapi dengan kemampuan boxing di atas Khabib. Dalam dua kali laga debutannya di UFC saja Khamzat mampu menaklukkan lawannya tanpa perlawanan. Debut pertamanya di kelas Middleweight, Khamzat menang melawan John Phillips pada Ronde 2 di menit 1:12. Ia menang melalui submission dengan metode Barbo Choke. 10 hari kemdian Khamzat bertanding melawan Rhys McKee di UFC dan menang TKO pada Ronde 1 di menit 3:09. Dia digadang-gadang akan menjadi pengganti Khabib Normagomedov menyusul pengumuman Khabib untuk berhenti bertarung di UFC.

Pada debut UFC pertama dengan John Philips, Khamzat melayangkan 124 pukulan sedangkan Philip hanya mampu membalas dengan 2 pukulan saja. Pada debut UFC kedua dengan Rhys McKee, Khamzat mampu melayangkan 68 pukulan tanpa balasan dan menang di Ronde 1. ESPN sendiri memujinya sebagai petarung yang “memberi arti baru akan makna dominasi”.

Baca juga: Biodata Lengkap Khabib Normagomedov

Biografi Khamzat Chimaev

Nama lengkapnya adalah Khamzat Hizarovich Chimaev. Ia lahir di Chechnya pada tanggal 1 Mei 1994. Dia berlatih di Allstar Training Center di Stockholm Swedia. Pria berkebangsaan Swedia ini datang ke Swedia sebagai pencari suaka pada tahun 2011 dar Chechnya. Ayahnya diketahui masih tinggal di Chechnya pada pada tahun 2019 sementara keluargnya yang lain sudah berpindah ke Swedia. Keluarganya pertama kali tiba di Swedia adalah di kota Malmo. Malmö adalah sebuah kota pesisir di Swedia bagin selatan. Kota ini terletak di ujung timur dari Öresund Bridge, sebuah jalan tol panjang dengan terowongan kereta api yang terhubung ke Copenhagen, Denmark.

Khamzat Chimaev dan Alexander Gustafsson di Allstars Gym Stockholm
Khamzat Chimaev dan Alexander Gustafsson di Allstars Gym Stockholm

Namun pada akhirnya Khamzat menetap di Lidköpings dan bergulat untuk tim Lidköpings AS dan memenangkan medali SM-Gold. Sedangkan keluarga Chimaev tinggal di Kalmar dan menetap di sana hingga sekarang. Lidköping adalah sebuah kotamadya dari Västra Götaland County di daerah barat Swedia. Kalmar, di mana keluarga Khamzat Chimaev tinggal adalah sebuah kota di tenggara Swedia, terletak di Laut Baltik. Jarak antar Kalmar dan Lidköping sendiri adalah 322 km. Dalam wawancara, Khamzat sendiri mengakui setelah menaklukkan Rhys Mckee bahwa meskipun dia dan keluarga sama-sama tinggal di Swedia, tempat tinggal mereka sangat jauh satu sama lain. Setelah kemengan kedua debut UFC di Fight Island Abu Dabhi pada tanggal 25 Juli 2020, Khamzat ingin beristirahat sebentar, mengunjungi ibunya dan membeli hadiah untuk ibunya.

Ilustrasi jarak lindkoping ke kalmar swedia
Jarak tempat tinggal Khamza dan Ibunya adalah 322 km

Sebelum datang ke Swedia, Khamzat bergulat di tingkat tinggi di Chechnya dan mewakili negara itu di tim nasional mereka. Di sana dia tinggal di seberang jalan dari klub gulatnya. Pertama kali dia berbaring di tikar gulat, dia masih berumur setahun. Sejak usia lima tahun ia mulai bertanding gulat. Dia kemudian berkompetisi di kelas 18-kilo dan bertemu anak lain di kelas 23-kilo. Meskipun tidak pernah berlatih di Judo, Chimaev telah berkompetisi dalam judo. Dalam combat sambo, ia juga telah bertanding di empat pertandingan kompetitif. Sambo adalah seni bela diri Rusia yang merupakan seni bela diri utama Khabib Nurmagedov. Di mana Khabib sendiri pernah menjadi juara Combat Sambo dunia dua kali.

Ilustrasi balai Kota Lindkoping
Ini adalah balai kota Lidköping kota Khamzat berlatih gulat di Swedia

Di Swedia, Chimaev bergulat untuk BK Athén. Dia memperoleh medali emas di Kejuaraan gulat gaya bebas di Swedia pada tahun 2018 dengan angka mtulak 10-0, 10-0, 10-0 si etiap turnamen dan 7-0 di final. Khamzat juga pernah memenangkan Kejuaraan Swedia di kelas welterweight dan middleweight. Di Allstar Training Center di Stockholm Swedia, dia dilatih oleh pelatih Reza Mahdi. Reza sendiri adalah veteran MMA di Swedia kelahiran Tehran, Iran tahun 1978. Reza bertanding di UFC hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti dari karir MMA setelah kekalahan dengan Joe Duffy pada Maret 2017.

Statistik MMA Khamzat Chimaev

KHamzat Chimaev Stats
Statistik khamzat chimaev (diambil dari sherdog)

Riwayat Pertandingan Khamzat Chimaev

HasilLawanEvenMetodeRonde
MenangGerald MeerschaertUFC 178
19 September 2020
TKO (Punches)1 (17detik)
MenangRhys McKeeUFC
25 Juli 2020
TKO (Punches)1
MenangJohn PhillipsUFC
15 Juli 2020
Submission
(Brabo Choke)
2
MenangMzwandile HlongwaBrave CF
4 Oktober 2019
Technical Subs.
(Brabo Choke)
2
MenangIkram AliskerovBrave CF
19 April 2019
KO (Punch)1
MenangSidney WheelerBrave CF
22 Desember 3018
TKO (Submission
to Punch)
1
MenangMarko KisicBrave CF
16 November 2018
TKO (Punches)1
MenangOle MagnorFCR
18 Agustus 2018
Submission
(Rear-Naked
-Choke)
1
MenangGard Olve SagenIRFA
26 Mei 2018
TKO (Punches)2
Karir Khamzat Chimaev

Debut profesional pertama dilakukan oleh Chimaev di International Ring Fight Arena 14 (IRFA) pada 26 Mei 2018 ketika ia bertemu dengan Gard Olve Sagen dari Norwegia (1-2). Pada laga itu, Chimaev menang melalui TKO di babak kedua. Pertandingan Ke-2 adalah di Fight Club Rush 3 melawan petarung Norwegia lain benama Ole Magnor (2-3) pada tanggal 18 Agustus 2018. Chimaev menang melalui submission dengan metode Rear-Naked-Choke di babak pertama.

penerjemah profesional alumni australia

Pertandingan Ke-4 Chimaev adalah melawan Sydney Wheeler pada Desember 2018. Pertandingan utama di Brave CF 20 ini awalnya antara petarung dari Amerika, Sidney Wheeler dengan petarung dari Italia, Leon Aliu. Tetapi Aliu terpaksa membatalkan pertandingan karena cedera. Hanya dalam waktu pemberitahuan sembilan hari , Chimaev setuju untuk betanding melawan Sidney. Chimaev kemudian menaklukkan petarung asal Amerika tersebut melalui TKO hanya dalam 35 detik di babak pertama.

Debut UFC pertama Chimaev (Professional Fight 9) adalah melawan John Philips di kelas Middleweight. Pertandingan ini berlangsung di Abu Dhabi tanggal 15 Juli 2020. Khamzat menghabisi Philip pada Ronde 2 dengan kemenangn Submission melalui metode Brabo Choke. Tidak tanggun-tanggung 124 pukulan dilayangken kepada lawannya dan hanya dua pukulan mendarat di Chimaev sebelum akhirnya Philips menyerah.

Karena merasa tidak mendapatkan pukulan berarti dari lawannya, Chimaev meminta Dana White untuk bertanding lagi di UFC Fight Island pada tanggal 25 Juli 2020. Dana mengabulkan permintaan Chimaev sebagai debut UFC Ke-2 nya dengan syarat dia turun kelas ke Walterwight dan melawan McKee. Chimaev pun setuju untuk turun kelas melawan McKee. Hanya dalam waktu 3 menit di Ronde 1, Khamzat menghabisi McKee tanpa perlawanan. 60 pukulan mendarat ke Mckee tanpa ada satu balasan pukulan pun sempat dilayangkan McKee. Bahkan setelah selasai menaklukkan McKee Chimaev mengatakan dia siap melawan siapapun yang terluka dan “saya siap bertanding dalam waktu satu jam lagi. Saya akan mengajar siapa saja.” Luar biasa jiwa petarung di Khamzat Chimaev.

Post-fight interview dengan Khamzat Chimaev

UPDATE:
Legenda kelas menengah UFC Khamzat Chimaev kembali menorehkan sejarah pada hari Sabtu 19 September 2020 setelah mengalahkan Gerald Meerschaert hanya dalam 17 detik dengan pukulan telak di UFC Fight Night di Las Vegas. Kemenangan ini membuat Chimaev memenangkan tiga pertarungan UFC berturut-turut hanya dalam 66 hari, menurut Kevin Iole dari Yahoo Sports.

Nonton pukulan mematikan Chimaev ketika merubuhkan petarung professional Gerald Meerschaert:

Digadang-gadang The Next Khabib

Banyak orang yang membandingkan Chimave dengan Khabib karena mereka sama-sama memiliki kemampuan bergulat yang hebat dan sama-sama berasal dari tempat yang memiliki bela diri Combat Sambo. Bedanya

Apa Kata Orang Terhadap Khamzat Chimaev?

Akun resmi ESPN MMA menyebutkan “Chimaev telah memberi definisi baru akan apa arti “Dominasi” di UFC dalam karirnya di UFC yang tergolong masi baru”. Pada gambar yang diposting oleh akun twitter ESPN dapat dilihat Khamzat melayangkan pukulan yang signifikan tanpa perlawan berarti dari lawannya.

Daniel Cormier yang merupakan teman baik Khabib Nurmagedov memuji Khamzat Chimaev di akun twiternya, “Wow, siapa si Khamzat Chimaev ini? Dia membantai habis lawan-lawanya. Doa orang dalam satu minggu. Luar biasa”

Agama Khamzat Chimaev

Khamzat chimaev beragama islam. Dia tinggal di negara muslim Checnya selama 16 tahun sebelum berpindah ke Swedia pada tahun 2011. Khamzat termasuk muslim yang taat. Hal ini terlihat dari ibadah shalatnya. Chimaev bahkan tidak malu untuk shalat di tempat umum seperti gambar di bawah ini. Khamzat juga rajin shalat di gym tempat berlatih dengan pelatihya yang juga merupakan keturunan Muslim Iran. Di video youtube the Broze Team, Khamzat juga tampak sering berfoto di mesjid dengan saudara semuslim. Berikut ini video bukti bahwa agama Khamzat Chimawev adalah Islam:

Leave a Comment