Apa Itu proper noun

Proper Noun adalah nama spesifik (buka umum) untuk orang, tempat atau benda seperti London, Hasnuddin dan . Poper noun selalu dimulai dengan hruf besar dalam bahasa Inggris dimana pun ia berada dalam kalimat. Karena proper noun menyatakan noun dengan nama yang sudah spesifik, ia sering juga disebut sebagai proper nouns. Jadi yang perlu diingat bawah:

Proper noun itu memiliki dua karakter; menyatakan nama spesifik dan dimulai dengan huruf besar.

Berbicara tentang poper noun tidak lepas dari lawannya yaitu common noun. Setiap noun dalam bahasa Inggris dapat diklasifasikan menjadi proper noun atau common noun. Commoun noun adalah kata benda umum dalam sebuah kelompok. Mari kita lihat perbedaan antara proper noun dan commoun noun dalam contoh.

Proper noun

  • Muhammad Khalid is a teacher.
  • The name of my cat is Sakura.
  • I live in Jakarta.

Common noun

  • I want to be a teacher.
  • I like cats.
  • I live in the city.

Sebenaranya proper noun dan common noun sering sangat mudah dibedakan namun ada beberapa kata terkadang kita menjadi ragu dan secara intuisi sulit untuk menentukan apakah sebuah kata termasuk proper noun atau common noun. Dalam percakapan sehari-hari, perbedaan antara proper noun dan commn noun tidaklah perlu karena tidak berhubungan dengan penulisan. Namun ketika menulis, perbedaan ini sangatlah diperlukan karena kita perlu menentukan kata dan frase mana yang perlu ditulis dengan huruf besar dan mana yang ditulis dengan huruf kecil. Untuk mempelajari tentang noun, silahkan baca Jenis noun dan fungsinya dalam Bahasa Inggris.

Bagaimana Cara Menggunakan Proper Noun?

Penggunakan proper noun sangatlah mudah. Penggunaanya sama seperti kita menulis dalam Bahasa Indonesia. Ketika menulis sebuah tulisan, tulislah setiap kalimat seperti biasanya dan setiap kali kalain menulis proper noun pastikan dimulai dengan huruf besar. Mari kita lihat penggunaan proper noun dalam kalimat berikut ini. Excerpt ini kami kutip dari VOA Learning English:

“Comets are solar system objects made up of ice, rock, and dust. Right now, a newly-discovered one is speeding by Earth, providing excellent light shows for the planet’s people. The ice-rock is called Neowise. It is the brightest comet to appear above the Northern Hemisphere in 25 years. Social media users in many countries have posted images they captured of Neowise, as it lit up the sky over their heads.”

[Komet adalah benda tata surya yang terdiri dari es, batu, dan debu. Saat ini, komet yang baru saja ditemukan sedang melaju kencang di Bumi, memberikan pertunjukan cahaya yang sangat bagus untuk manusia di planet ini. Batuan es itu disebut Neowise. Ini adalah komet paling terang yang muncul di atas Belahan Bumi Utara dalam 25 tahun terakhir. Pengguna media sosial di banyak negara memposting gambar yang mereka ambil tentang Neowise, saat gambar itu menerangi langit di atas kepala mereka.]

Dalam paraggraf di atas ada ada tiga kata/frasa yang merupakan proper noun seperti: Earth, Neowise dan Norther Hemisphere. Sedangkan kata-kata lain seperti objects, media dan people adalah common noun sehingga tidak dimulai dengan huruf besar.

Mari kita lihat contoh proper noun yang lain:

Raihan had wished for an easy teacher for his mathematics class, but he got Mr. Rdiwan, whose unreasonable homework and made the semester difficult.

[Raihan mengharapkan guru yang mudah untuk kelas matematikanya, tetapi dia mendapatkan Pak Ridwan, yang PRnya tidak masuk akal dan membuat semester sulit.]

>>> Teacher adala common noun sedangkan Mr. Ridwan adalah proper noun. Teacher merujuk keapada seluruh guru secara umum dan tidak sepsifik. Sedangkan Mr. Ridwan adalah kata benda nama. Nama seorang guru matematik di kelas Raihan. Raihan juga proper noun sama seperti Mr. Rdiwan karena dia merujuk pada nama orang.

Berikut ini adalah contoh-contoh lain proper noun:

Nama Institusi dan Organisasi
Common Noun: My religion is Islam
Proper Noun: I went to the Ministry of Religious Affairs office this morning.

Contoh Lain: United Nations, World Bank, and Library of Congress

Nama Orang
Common Noun: My sister is a writer.
Proper Noun: Tere Liye wrote many inspirational books.

Contoh Lain: Barrack Obama, Jokowi, and Linus Trevor

Nama Planet
Common Noun: Human aim to explore planets in the space by 2025.
Proper Noun: Countries around the world plan to send robots to Mars in 2020

Contoh Lain: Jupiter, Venus, and Saturn

Nama Tempat
Common Noun: More people live in cities compared to villages
Proper Noun: More people live in Jakarta compare to Langsa.
Contoh Lain: New York, London, and Dubai

Gelar
Common Noun: My English teachers always come on time.
Proper Noun: Mr. Roni is my Eglish teacher.

Contoh Lain: Dr., Mrs,

Apa itu proper noun?
Nama tempat dan landmark adalah proper noun: foto Designed by pikisuperstar / Freepik

Cara mudah menentukan apakah suatu kata Bahasa Inggris adalah common noun atau proper noun

Proper noun dimulai dengan huruf besar

Ciri khas dan sangat kentara dari proper noun adalah diawali dengan huruf besar. Coba lihat kembali contoh-contoh kalimat yang memiliki proper noun di atas. Semuanya dimuali dengan huruf besar kan? Seperti Khalid, Sakura dan Jakarta pada contoh awal di atas.

>> LATIHAN 1

Dengan menggunakan ciri proper noun dimulai dengan huruf besar, coba pilih kalimat berikut yang merupakan proper noun:

  1. We’ll be vacationing in Alpen this year. [Kami akan berlibur di Alpen tahun ini.]
  2. We went to Smith’s Furniture and bought a new couch to replace our old one. [Kami pergi ke Smith’s Furniture dan membeli sofa baru untuk menggantikan yang lama.]
  3. I’m flying first-class on Garuda Indonesia. [Saya terbang kelas eksekutif dengan Garuda Indonesia.]
  4. My best friend moved to Japan to study. [Sahabat saya pindah ke Jepang untuk belajar.]
  5. When the Titanic sank, the captain went down with the ship. [Ketika Titanic tenggelam, kaptennya ikut tenggelam bersama kapalnya.]

Kunci jawaban: 1 – Alpen, 2 – Smith’s Furniture, 3 – Garuda Indonesia, 4 – Japan, 5 – Titanic

Proper noun merujuk pada nama

>> LATIHAN 2

Salah satu ciri proper noun adalah merujuk pada nama, coba pilih mana dalam kalimat berikut yang merupakan proper noun:

1. The boy threw the ball to his dog, Wilson.
[Anak laki-laki itu melempar bola ke anjingnya, Wilson.]

2. I’d like you to meet my friend Jeremy.
[Saya ingin Anda bertemu dengan teman saya Jeremy.]

3. Thomas Jefferson was a president and philosopher.
[Thomas Jefferson adalah seorang presiden dan filsuf.]

Noun yang dimulai dengan gelar adalah proper noun

My second-grade teacher was Mrs. Gilbert. [Guru kelas dua saya adalah Nyonya Gilbert.]

Penggunaan huruf besar yang salah dan berlebihan

Sering ketika menulis, kita ingin menekankan pada beberapa hal yang kita anggap penting. Penekanan ini bisa berupa kata, frasa bahkan kalimat. Dalam kejadian seperti ini sering kita melihat penulis membubuhi huruf besar pada awal kata. Tujuan penulis sendiri berbeda-beda. Ada yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca seperti menuis huruf kapital dalam “Draw Costumer Attention.” Ada juga karena penulis menganggap istilah tertentu perlu diberi penekanan seperti “Agent and Actor.” Tentunya menulis bahasa Inggris dengan cara seperti ini salah dan justru menunjukkan buruknya kemampuan menulis bahasa Inggris kita. Pembaca Bahasa Inggris bisanya sudah terbiasa membaca tulisan bahasa inggris yang standar sesuai dengan aturan yang benar. Penulisan huruf besar tidak pada tempatnya sangat menghambat pembaca dalam mebaca tulisan kita.

Leave a Comment