Adjective Clause: penjelasan lengkap beserta contoh kalimat.

Pengertian Adjective Clause

Adjective clause adalah klausa sifat yang tersusun dari beberapa kata dan terdiri dari subject dan verb [kata kerja]. Kata kuncinya di sini adalah “klausa.” Adjective itu BUKAN kata tapi klausa. Klausa sendiri memiliki definisi:

“Klausa adalah susunan dari beberapa kata yang terdiri dari subject dan verb namun tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat.”

Klausa selalu bagian dari sebuah kalimat yang kompleks (kalimat panjang dan tidak simpel).
Contoh Adjective Clause: The girl who gets good score studies hard. [Anak perempuan yang mendapatkan nilai yang bagus belajar keras]. Who gets good score dalam kalimat di atasa adalah ADJECTIVE CLAUSE.

Rumus Adjective Clause

Ada tiga komponen rumus adjective clause:

1. Dimulai denga relative pronoun (whowhomwhosethat, or which).
Catatan: sering adjective cluase dihilangkan dalam kalimat. Penghilangan ini dikenal dengan istilah reduced adjective cluase. Kita akan bahas masalah ini di bawah.

2. Memiliki subject dan verb. Karena adjective cluase adalah sebuah klausa, maka wajib memiliki subject dan verb. Ada adjective cluase yang memiliki subject yang berdiri sendiri ada juga yang merupakan bagian dari relative cluase. Lanjut membaca, kita akan bahasa mengenai ini di bawah.

3. Memberikan informasi mengani sebuah noun. Karna adjective clause memiliki sifat adjective maka dia juga berfungsi menjelasakan noun. Bedanya adjective clause hadir setelah noun yang akn dijelaskan. Perhatikan contoh kalimat berikut:

The children whom we invited to the party had a good time.
[Anak-anak yang kita undang ke pesta bersenang-senang]

Rumus dan Kompnen Adjective Clause
Komponen dan rumus Adjective Clause

Penjelasan detail mengenai adjective clause

Ketika kamu mendengar adjective pasti bayangan kamu adalah sebuah kata seperti smart, handsome, dan beautiful. Adjective ini selalu hadir sebelum kata benda untuk mengubah, menjelaskan dan menambahkan informasi mengenai noun yang mengikutinya sperti (misalnya, high building [gedung tinggi], smelly cat [kucing bau], argumentative assistant [asisten argumentatif]). Namun, kata sifat juga bisa datang dalam bentuk adjective clause [klausa kata sifat]. djective clause biasanya muncul setelah kata benda yang dimodifikasi dan terdiri dari beberapa kata, yang, seperti semua klausa, akan memiliki subjek dan verb. Perhatikan contoh berikut:

1. They bought a house.
[Mereka membeli sebuah rumah]

2. They bought a beautiful house.
[Mereka membeli sebuah rumah yang indah]

3. The house which they bought is beautiful.
[Rumah yang mereka tempati indah]

Kata beuautiful dalam Kalimat 2. adalah KATA sifat. Fungsi kata beautiful di sini adalah menjelaskan atau menambahkan informasi pada kata benda house. Pelajari ragam fungsi kata sifat pada tulisan: Adjective, satu kata banyak fungsi.

Bandingkan Kalimat 2. dengan Kalimat 1. House dalam Kalimat 1 tidak memiliki informasi tambahan atau karakter mengenai rumah yang mereka beli. Mereka hanya membeli sebuah rumah. KIta tidak tahu bagaimana kondisi rumah itu. Apakah rumah itu baru, jelek ataupun lama. Dengan menambahkan kata beautiful kita dapat mengetuhi informasi mengenai kondisi rumah yang mereka beli, yaitu beauftiful Indah.

Sedangkan pada Kalimat 3. Adejctive beautiful tidak lagi secara langsung menjelaskan rumah. Posisinya berubah dari sebelum kata benda seperti Kalimat 1. menjadi di akhir kalimat. Namun beautiful dalam Kalimat 3 ini masih tetap menjelaskan kondisi rumah. Jika kita hapus kata which they bought, maka yang tertinggal adalah kalimat The house is beautiful. Namun pada kalimat ini kita tidak lagi memperoleh informasi bahwa yang rumah yang indah itu dibeli oleh mereka.

penerjemah profesional alumni australia

Nah, klausa Which they bought yang kita hapus dari Kalimat 3 itu di sebut sebagai ADJECTIVE CLAUSE, klausa sifat. Maksudnya di sini adalah klausa yang sifatnya menjelaskan atau menambahkan infromasi megenai kata benda house.

Perhatikan klausa which they bought. INGAT klausa bukan kata, tapi sekelompok kata yang memiliki subject dan verb. Posisi which they bought dalam Kalimat 3. adalah setelah kata benda house. Fungsi atau tugas adjective cluase which they bought di sini adalah menjelaskan kata benda house. Bandingkan dengan kata beautiful yang letaknya justru sebelum kata house. Sama-sama mejelaskan house tapi secara grammar memiliki tugas dan struktur yang berbeda.

3. The house which they bought is beautiful.
[Rumah yang mereka tempati indah]

House hanya kata sedangkan which they bought adalah klausa. Sama sperti house, adjective cluase which tney bought tidak bisa beridiri sendiri sebagai kalmat mandiri. Mereka sama-sama membuthkan komponen lain untuk tersusun sebagai kalimat. Makanya akan sangat salah apabila kalian menganggap which they bought sebagi kalimat. Maknanya tidak sempurna. Ia bergantung pada komponen lain.

Sama seperti ketika kamu berbicara dalam bahasa indonesia, “yang mereka beli”. Apanya yang mereka beli? Tidak jelas. Namun apabila dia digabung dengan kalimat the house is beautiful. Dimana which they bought disisip di tengah-tengah seperti contoh Kalimat 3. langsung maknanya sempurna. Ternyata yang mereka beli itu adalah sebuah rumah. Dan rumah tersebut indah.

The house is beautiful sering kita kenal dengan istilah independent cluase atau main cluase. klausa independen atau induk kalimat dalam Bahasa Indonesia. Dia merdeka dalam arti dapat berdiri tanpa mebutuhkan klausa lain untuk menyempurnakan makananya. Dia adalah induk dalam kalimat kompleks dalam Kalimat 3. Artinya meskipun which they bought di hapus maknanya sempurna dapat berdiri sendiri.

Sedangkan which they bought sering kita kenal dengan istilah dependent clause atau subordinate clause. Klausa dependent. Atau dalah Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah anak kalimat. Sebagaimana artinya, dependent itu bergantung. DIa membutuhkan klausa lain untuk membuat makananya menjadi jelas.


Independent dan Dependent Clause dalam Adjective Clause

Independent cluase vs depdendent clause

4. I met a man who is kind to everybody.
[Saya bertemu lelaki yang baik pada semua orang.]

Independent Clause (Main Clauase)

Independent clause adalah klausa yang bisa berdiri sendiri sebagai kalimat tanpa memerlukan klausa lain sebagai pelegnkapnya. Perhatikan contoh kalimat di atas. Klausa I met a man adalah indeppendent cluase (main cluase). Dia dapat menjadi kalimat dengan sendirinya dan memiliki makna sempuran tanpa kehadiran dependent cluase who is kind to everybody seperti di bawah ini.

5. I met a man. (Kalimat sempurna)

Kamu langsung akan tahu bahwa makna kalimat di atas sudah sempurna: Saya bertemu dengan seorang laki-laki. Oleh karena itu dalam grammar Bahasa Inggris klausa yang bisa berdiri sendiri sebagai kalimat sempuran ini disebut dengan Indepdent [merdeka]. Tidak membutuhkan klausa lain.

Namun, lain halnya jika kamu menjadikan who is kind to everybody sebagai kalimat independent [merdeka/berdiri sendir]. Perhatikan kalimat berikut:

6. Who is kind to everybody.
[Yang baik pada semua orang]

Dependent Clause

Who is kind to everybody bukanlah kalimat sempurna. Ia hanyalah sebuah klausa anak kalimat yang masih membutuhkan induknya. Maknanya tidak sempuran dan merupakan bagian dari sebuah kalimat yang kompleks. Dia masih bergantung pada klausa lain (independent cluase) untuk membuat maknanya sempurna.

Peran independent dan dependent cluase adalah menyusun kalimat kompleks yang memiliki makna yang sempurna. Sementara dependent cluase berperan untuk memberikan informasi tambahan mengenai independent cluase, idependent cluase berfungsi untuk menyempurnakan dependent clause.

Nah kedepannya jika kamu hendak menulis sebuah kalimat. Pastikan kalimat tersbut bukan depedent cluase. Mari kita lihat contoh kalimat lain:

7. The man who I met was friendly.
[Lelaki yang saya temui ramah.]

8. I know a couple who sailed around the world.
[Saya tau pasangan yang berlayar ke seluruh dunia.]

Who I met dalam Kalimat 1. adalah dependent cluase (adjective cluase) sedangkan the man was friendly adalah independent cluase. The man was friendly dapat berdiri sendiri tanpa membuthkan klausa who I met.

Who sailed around the world dalam Kalimat 2. adalah dependent cluase (adjective cluase) edangkan tI know a couple adalah independent cluase.

Kita bisa menyebutkan bahwa adjective cluase adalah dependent cluase karena dia selalu membutuhkan kluasa lain untuk sempurna sebagaimana dijelaskan oleh YourDIctionary.

penerjemah profesional alumni australia

EXRECISE 1 Depedent vs Independent Cluase

Tentukan dependent dan independent clause pada kalimat di bawah ini:

1. The librarian who helped me with my research lives near my parents.
[Pustakawan yang membantu penelitian saya tinggal di dekat orang tua saya]

2. The veterinarian that took care of my daughter’s goat was very gentle.
[Dokter hewan yang merawat kambing putri saya sangat lembut.]

3. Do you know the people who live in the white house?
[Tahukah Anda orang-orang yang tinggal di gedung putih?]

KUNCI JAWABAN EXRECISE 1

1. The librarian lives near my parents. >> Independent clause
Who helped me with my research >> Dependent clause

2. The veterinarian was very gentle. >> Independent clause
That took care of my daughter’s goat >> Dependent clause

3. Do you know the people? >> Independent clause
Who live in the white house >> Dependent clause

Adjective Clause whom vs who

Adjective clause dibagi dalam dua bentuk berdasarkan klausa asal pembentuk adjective clause tersebut. Adjective clause as subject menggunakan relative pronoun who sedangkan adjective clause as object menggunakan relative pronoun whom. Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

9. I know the man who called me last night.
[Saya tahu pria yang menelepon saya tadi malam.]

10. I know the man whom I called last night.
[Saya tahu pria yang saya telepon tadi malam.]

Perbedaan yang mencolok antara adjective cluase menggunakan who vs whom ada pada kata yang hadir setelah relative pronoun who dan whom tersebut.

Pada Kalimat 9. kata setelah who adalah verb “called” sedangkan setelah kata whom pada Kalimat 10. adalah subject pronoun “I”.

Who pada Kalimat 1. adalah subject untuk verb “called”. Who di sini merujuk kepada noun the man yang ada dibelakangnya.

Whom pada Kalimat 10. hanya bertindak sebagai penyambung (connector) antara kalimat “I know the man” dan “I called last night“.

Secara makna, kedua kalimat tersebut juga berbeda. Kalimat 9. who adalah yang memanggil sedangkan whom adalah yang dipanggil. Dengan kata lain who adalah subject dan whom adalah obejct.

Perhatikan contoh lainnya yang serupa. Coba telusuri apakah kamu dapat menemukan perbedaannya secara makna. Berdasarkan materi sebelumnya, coba tentukan juga independent dan dependent clause dari kedua kalimat ini.

11. She needs a secretary who types fast.
[Dia membutuhkan sekretaris yang mengetik dengan cepat.]

12. The men with whom were having the discussion did not seem very friendly.
[Orang-orang yang berdiskusi dengan kami tampaknya tidak terlalu ramah.]

Adjective Clause with Which.

13. The river which flows through the town is polluted.
[Sungai yang mengalir melalui kota sudah tercemar.]

Adjective clause yang menggunakan relative pronoun which digunakan untuk menjelaskan inanimate object [benda mati]. Sedangkan adjective clause yang menggunakan who dan whom digunakan untuk menjelaskan animate object [benda hidup].

Pada kalimat di atas, which merujuk pada kata benda river. Which juga sebagai subject untuk kata kerja flows. Artinya yang mengalir melalui kota adalah river [sungai]. Dan river juga yang polluted [tercemar].

Jika which kembali pada benda mati seperti river, maka pada kalimat 9 & 10, who dan whom sama-sama merujuk pada benda hidup seperti a secretary [sekretaris] dan men [manusia].

Coba perhatikan kalimat which yang lain berikut ini:

14. The books which I bought were very expensive.
[Buku-buku yang saya beli sangat mahal.]

Pada kalimat 14 kamu pasti sadar bahwa kata yang hadir setelah relative pronoun which adalah subject “I” bukan kata kerja seperti pada kalimat 13. Di sini, which hanya menyambung kalimat “the books were very expensive” dengan kalimat “I bought the book”.

Which merujuk pada kata the books. Artinya book yang I bought lah yang very expensive. Dengan demikian kita bisa menyimpulkan bahwa which juga bisa menjadi subject seperti pada kalimat 12 dan bisa juga menjadi connector saja seperti pad kalimat 14.

Adjective Clause with that

Which, who dan whom bisa diganti dengan that. Sementara who dan whom untuk animat object [benda hidup], which untuk inanimate object [benda mati], that dapat digunakan untuk kedua-duanya. animate object dan inanimate object.

Artinya semua relative pronoun pada kalimat dari nomor 9-14 dapat diganti dengan relative pronoun that. Mari kita ganti semua kalimat di atas dengan relative pronoun that.

15. I know the man that called me last night.
16. I know the man that I called last night.
17. The river that flows through the town is polluted.
18. The books that I bought were very expensive.

Now you ask, “Kalau that bisa untuk semuanya, kita tidak perlu lagi menggunakan relative pronoun who, whom dan which dalam ketika berbicar dan menulis dong!”

Yup, exactly. Tentu kita tidak perlu repot-repot memilih menggunakan relative pronoun mana yang tepat ketika berbicara dan menulis. Namun, tentunya ucapan dan tulisan kita akan terasa boring karena tidak memiliki variasi.

Jika ada kesempatan, coba gunakan relative pronoun yang sesuai dulu dalam kalimat adjective clause. Coba variasikan kalimat kalian.

Tanzir Masykar, M.A.

Tanzir Masykar: Adalah alumni S2 bidang Translation dan Interpreting dari UNSW, Australia. Tanzir memperoleh gelar Master nya pada tahun 2013 dengan nilai Distinction. Sebelum kuliah di Australia, Tanzir sudah lama berkerja sebagai penerjemah lepas untuk UNDP, FAO dan GTZ Germany. Saat ini Tanzir berkerja sebagai dosen Bahasa Inggris untuk Tehnik di AKN Aceh Barat.

Leave a Comment