Tanzir Masykar

Biografi

Saya adalah dosen PNS pada Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat. Lulus pada bulan Maret tahun 2019, Saya ber-homebase pada program studi DII Konstruksi Pondasi Beton dan Pengaspalan Jalan. Di AKN Aceh Barat, saya mengajar mata kuliah umum Bahasa Inggris pada semua program studi yang ada di porgram DII AKNAB. Selain itu saya juga ditugaskan untuk mengajar mata kuliah Tugas Akhir untuk Prodi DII Konstruksi Pondasi Beton dan Pengaspalan Jalan dan DII Instalasi Jaringan Listrik.

DI AKNAB, saya juga masuk dalam kepengurusan pada unit Penelitian, Pengabdian dan Penjaminan Mutu (P2PM). di P2PM, saya membawahi bidang penerbitan, hak kekayaan intelektual (HKI) dan online jurnal sistem (OJS). Bersama dengan beberapa dosen lainnya, saya alhamdulillah berhasil mencetuskan OJS pertama di AKNAB dan menerbitkan jurnal hasil penelitian dosen-dosen di AKNAB, Aceh Barat, dan dari luar Aceh di juranl Vocational Education and Technology (Vocatech) Journal. Berbekal pengalaman mengelola jurnal SINTA4 di Universitas Syiah Kuala, saya memimpin Vocatech sebagai Editor-in-Chief. Sampai Oktober 2020, jurnal tersebut telah terbit 3 edisi dan direncanakan maju akreditasi setelah terbit edisi ke-4 April 2021.

Disamping sebagai dosen, saya juga aktif mengelola jurnal di luar kampus AKNAB. Sejak tahun 2017, saya sudah aktif berkecimpung membangun jurnal prodi ilmu komunikasi Unsyiah yang saat ini sudah terindeks SINTA4. Saya membantu sebagai teknikal support pada Jurnal Komunikasi Global (JKG). Awal tahun 2020, saya kembali dipercayakan untuk menjadi editor pada jurnal terindeks SCOUPUS di Universitas Syiah Kuala, Studies in English Language and Education (SiELE) yang pada dipimpin oleh ibu Dr. Yunisrina Qismullah Yusuf. Jurnal tersebut adalah satu-satunya jurnal di Aceh pada tahun 2020 yang terindeks SCOUPUS.

Jauh sebelum menjadi PNS, saya sudah aktif berkecimpung di bidang pendidikan non-formal di luar sekolah berupa kursus Bahasa Inggris, TOEFL, & IELTS, Aceh Learning Center. Saya bersamsa istri membangun kursus tersebut sejak tahun 2014 sampai akhirnya menjadi salah satu kursus ternama di Banda Aceh untuk bidang TOEFL. Banyak siswa kursus saya telah berhasil kuliah di luar negeri seperti Jepang, Cina, Australia, Denmark, Itali dan Belanda.

Sebelum membangun kursus Aceh Learning Center, saya berkesempatan kuliah di Australia dengan beasiswa Australian Awards Scholarship (AAS) di bidang Applied Linguistics dari University of New South Wales. Saya berangkat tahun 2012 dan lulus tahun 2014 dan memperolah gelar double degree di bidang Applied Linguistics dan Translation. Adapun gelar sarjana S1 diperolehnya dari kampus Unsyiah pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Selama kuliah di Unsyiah, saya memperoleh beberapa kesempatan beasiswa ke luar negeri seperti program Indonesian English Language Study Program (IELSP) oleh AMINEF-IIEF selama 3 bulan di University of Arkansas, Fayetteville Amerika Serikat. Pada penghujung tahun 2009, setelah saya memperoleh gelar sarjana, saya juga mendapat kesempatan untuk kuliah Non-degree di bidang Social and Cultural Studies di University of Fukui, Jepang selama satu tahun. Di sana saya melakukan penelitian kemampuan listening pada mahasiswa internsional. JASSO scholarship membiayai penelitian dan pendidikan saya selama setahun di Jepang. Pada tahun yang sama, 2009, saya juga berhasil memenangi program pertukaran pemuda SSEYAP namaun saya harus mengundurkan diri karena waktu berangkatnya bertepatan dengan keberangkatan saya ke University of Fukui.

Pendidikan

Degree

Tahun JenjangKonsentrasi, Lembaga & Tempat
1999MIMIN Drien Rampak, Meulaboh – Aceh Barat
2002 MTSMTSN Model, Meulaboh – Aceh Barat
2005 MASIlmu Pengetahuan Alam, MAS Ruhul Islam Anak Bangsa, Mate Ie – Aceh Besar
2009 S1Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Unsyiah, Darussalam – Banda Aceh
2012 S2Applied Linguistics, University of New South Wales, Sydney – Australia
2013 S2Translation and Interpretation Study University of New South Wales, Sydney – Australia

Degree

Tahun ProgramKonsentrasi, Lembaga & Tempat
2008 IELSPIndonesian English Language Study Program, University of Arkansas – Amerika Serikat
2009 UFSEPUniversity of Fukui Student Exchange Program, Jepang

Pengalaman Kerja

TahunLembagaTugas
2014 – 2020Aceh Learning CenterManager & Teacher
2010 – 2011Liberty Language CenterManager & Teacher
2008 – 2009Tsunami and Disaster
Management Research Center
Translator
2006 – 2008Pusat Bahasa UnsyiahTranslator &
TOEFL Test Supervisor
2006 – 2009GTZ GermanyTranslator

GTZ Germany

Publikasi Akademik

Adapun interest penelitian saya adalah:

  • Phonological Study of Acehnese Dialects
  • Phonological Study of Acehnese Vowels
  • Phonological Study of Acehnese Rhythm
  • Teaching Listening Comprehension
  • Student Learning Motivation
  • Teaching English for Vocational Education
  • Teacher Teaching Strategies
  • Student Learning Strategies

2018

TitleLink
The Rationale for A Proposal for English Language Education: The Experience of Developing A Curriculum to Teach English for Young LearnersDOWNLOAD

2019

TitleLink
Analisa Kebutuhan English for Specific Purpose untuk Pendidikan VokasiDOWNLOAD

2020

TitleLink
Motivation and satisfaction towards two-year vocational diplomaDOWNLOAD
Signifikansi Gambar terhadap Pemahaman Teks Instruksi Bahasa Inggris pada Pendidikan VokasiDOWNLOAD

Publikasi Web dan Blog

2020

  1. Proper noun vs common noun
  2. Verb: perubahan dan penggunaanya dalam kalimat
  3. Adjective: satu kata dengan fungsi beragam
  4. Noun dalam Bahasa Inggris dan fungsinya
  5. Pronoun: 7 Jenis dan fungsinya
  6. Gerund as object vs gerund as object
  7. Adjective Clause: its kind and functions
  8. Abbreviation: contoh dan kesalahan umum